Wakil Presiden

Disajikan oleh Erwin Jahja

Sekarang lagi musimnya semua tokoh-tokoh nasional mendeklarasikan diri menjadi calon presiden. Ada yang mengklaim pro rakyat kecil, petani, nelayan, ada yang saling sindir, ada yang seolah-olah terzolimi ada yang menyatakan ingin mendedikasikan diri untuk rakyat dengan menjadi presiden, ada lagi yang ingin menjadi capres independen walaupun akhirnya tak diizinkan oleh Mahkamah konstitusi.

Namun…..tak ada satupun tokoh-tokoh nasional yang dengan tegas mendeklarasikan diri menjadi wakil presiden. Padahal…..posisi ini sangat strategis loh…tanya kenapa?

Logikanya, manusia selalu ingin menjadi nomer satu, tidak ada yang menginginkan menjadi nomer dua. Tapi dalam hal bernegara, wakil presiden bukan soal nomer satu atau nomer dua. Presiden dan wakilnya merupakan satu kesatuan yang saling melengkapi. Wakil presiden bukan hanya simbol dan formalitas layaknya zaman demokrasi stabilitas nasional ala presiden Soeharto. Semua orang tau apa tugas-tugas presiden, tapi tahukah kita apa tugas sebenarnya dari seorang wakil presiden selain menggantikan presiden yang berhalangan..?


Tugas presiden dan wakil presiden tidak boleh saling tumpang tindih, agar tidak ada lagi asumsi The Real Presiden seperti yang diutarakan buya syafii ma’arif, setuju..?

Lantas kenapa saat ini tidak ada seorangpun yang berani mendeklarasikan diri sebagai cawapres 2009-2014..? Apa mungkin mereka menunggu dipinang oleh para capres ataukah memang tidak ingin menjadi nomer dua?

Lihatlah, betapa Soekarno – Hatta menjadi dwitunggal yang saling melengkapi. Soekarno sang putra fajar meledak-ledak layaknya satria piningit penuntun rakyat, namun Hatta sipemikir lebih memilih berada dibelakang layar. Hattalah yang menjadi kompas kemana arah bangsa ini akan dibawa. Layaknya Hatta seorang sutradara dan Soekarno sang aktor. Betapa ketika dwitunggal ini masih bersama, negri ini disegani.

Akankah kita percaya bahwa tidak akan pernah ada perbedaan persepsi dan tujuan antara presiden dan wakilnya..? Pastinya mereka pernah berbeda pandangan dan sesuatu hal, namun harus tetap untuk tujuan terbaik bagi bangsa ini. Presiden dan Wakil Presiden sama pentingnya…

Ayo deklarasikan dirimu menjadi cawapres sekarang juga..

This entry was posted on Kamis, Februari 19, 2009 and is filed under , .